Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Selain Faktor Usia, Ciri Kucing Betina Mulai Birahi Yang Perlu Dipahami

Selain Faktor usia, Ciri Kucing Betina mulai Birahi Yang Perlu Dipahami

Sebagai makhluk hidup, kucing juga akan mengalami siklus dimana mereka harus berkembang biak. Maka, sebagai pemilik kita harus peka terhadap tanda dan ciri-ciri yang menunjukan bahwa kucing sedang mengalami masa birahi.

Ciri-ciri kucing betina mulai tampak birahi

Kucing betina yang birahi akan menunjukan tanda dan ciri khusus yang berbeda dengan birahi yang dialami oleh kucing jantan. Bahkan pada kondisi tertentu, sifat birahi pada kucing betina ada kalanya tidak akan nampak jelas.

Berikut ini ciri yang umumnya akan nampak ketika kucing betina mulai birahi:

1. Usia yang sudah mapan

Dalam hal ini, setiap kucing betina memang memiliki tingkat birahi yang berbeda-beda. Namun pada dasarnya usia mapan seekor kucing betina biasanya dimulai ketika usia menginjak 8 bulan. Ditandai dengan adanya menstruasi mirip halnya seperti yang dialami juga pada manusia.

Selanjutnya akan semakin meningkat tingkat birahinya ketika kucing sudah berusia satu tahun. Pada usia tersebut, sel telur sudah sangat matang dan sudah saatnya kucing betina tersebut berreproduksi.

Usia mapan kucing betina sangat penting dalam kaitannya mengukur kelayakan akan anak keturunannya kelak. Apabila kucing betina tersebut masih muda, atau ketika beranak yang pertama, umumnya kurang peka dan kurang fasih dalam membesarkan anak-anaknya.

Tentunya hal ini karena indukan muda masih membutuhkan adaptasi dan pembelajaran dalam membesarkan anak-anaknya. Ditambah lagi, kemungkinan air susu yang belum lancar juga akan mempengaruhi perkembangan anak-anaknya.

2. Terlihat lebih manja dari biasanya

Sebagai pecinta kucing, anda wajib mengetahui dan peka terhadap tingkah laku keseharian kucing kesayangan dirumah. Khususnya pada kucing betina yang terlihat manja dari biasanya, hal tersebut kemungkinan besar sedang mengalami birahi.

Kondisi kucing betina yang manja memang bukan patokan utama dalam mengetahui tingkat birahinya, namun siklus ini biasanya akan sering nampak pada kucing betina yang sudah dewasa.

Kucing betina akan lebih terlihat menggemaskan, ingin selalu dekat pemiliknya. Kucing tersebut akan selalu nempel deh, pingin dielus-elus, dan paling suka jika diajak bermain bersama.

Oleh karena itu, jika kucing kesayangan anda dirumah terlihat manja, jangan di acuhkan dan cobalah untuk ajak dia bermain. Pastikan mood nya selalu ceria dan yang terpenting anda harus mengajaknya untuk bermain dengan jenis permainan yang paling dia sukai.

3. Tidak nyaman dan terlihat gelisah

Ciri lain dari kucing betina yang mulai birahi juga terlihat dengan kondisinya yang sering badmood,  kucing akan menjadi tidak nyaman saat didekati ataupun dipegang.

Kondisi tidak nyaman dan terlihat gelisah tersebut juga membuat kucing menjadi sulit di ajak bermain, lebih cenderung agresif dan suka lari-lati tidak jelas.

Jika kucing temen-temen dirumah mengalami gejala seperti diatas, mungkin saja dia sedang birahi. Usahakan jangan di kandang ya gaes, takutnya malah nanti menjadi stress dan hal terburuk bisa saja melukai kita sebagai pemiliknya. 

4. Sering kabur dari rumah

Selain agresif dan sering berteriak-teriak tidak jelas, kucing yang sedang mengalami birahi juga ditandai dengan sifatnya yang tidak betah di rumah. 

Kucing terlihat ingin keluar rumah ataupun keluar kandang, dia biasanya akan kabur dari rumah karena mencari teman untuk menyalurkan birahinya.

Jika kucing teman-teman merupakan betina, dia akan mencari pejantan di sekitar rumah. Bahkan jika di sekitar lingkungan tempat tinggal kita tidak terdapat kucing jantan, maka ada kemungkinan kucing kita akan pergi jauh.

Begitupun sebaliknya jika kucing kita adalah jantan, maka akan melakukan hal yang sama. Namun perlu diwaspadai, karena jika kucing kita adalah betina maka akan pulang setelah mendapatkan pacar, umumnya pacarnya juga akan di bawa pulang ke rumah.

Namun jika kucing kita adalah jantan, maka akan tinggal di tempat sang betina hingga beberapa hari bahkan bisa berminggu-minggu nginap disana.

Maka dari itu, usahakan saat memelihara kucing haruslah minimal sepasang yaitu terdiri dari jantan dan betina. Harapannya saat kelak dia mulai birahi tidak harus minggat atau pergi mencari pasangannya.

Selain itu dengan menyiapkan pasangan sendiri dirumah, kita dapat memastikan ras keturunan anak-anaknya kelak tidak berubah karena kawin sembarangan diluaran sana.

Khususnya jika kucing kita termasuk kucing ras yang mahal, tentunya kita sebagai pemilik tidak mau jika kucing kita kawin dengan ras kucing yang belum jelas kan?

Disamping itu, kucing yang pergi ke sembarang tempat menjadi resiko tertular penyakit dengan kucing liar. Terlebih apabila kucing kita merupakan kucing rumahan yang tentunya daya tahan dan adaptasi di luar ruangan terbilang sangat minim.

5. Tidak nafsu makan

Ciri lain yang terlihat ketika kucing sedang birahi adalah dia akan menjadi tidak nafsu makan. Bahkan meskipun sudah kita berikan makanan kesukaannya sekalipun.

Kondisi tersebut harus segera ditangani, kita harus segera mencarikan pasangan untuk kucing kita tersebut. Karena jika terlambat, maka nafsu makan yang berlangsung lama dapat mengakibatkan kucing kita menjadi sakit.

Tentunya itu malah akan menambah problem saja bukan? apalagi jika kurang nafsu makannya juga di ikuti dengan tidak nafsu minum juga.

Dehidrasi sangat berbahaya bagi kucing, maka usahakan jika kucing kita sedang birahi dan mengalami nafsu makan menurun, usahakan memberikan makanan dalam bentuk basah atau wetfood, agar menghindari kucing dari dehidrasi.

6. Sering mengeong dan berisik

Seringnya kucing mengeong dan berisik merupakan tanda-tanda paling umum ketika kucing betina sedang birahi. Suara mengeongnya juga terlihat tidak biasa, biasanya akan terdengar lebih keras, dan nadanya panjang.

Sebenarnya suara tersebut merupakan isyarat bagi pejantan, atau bisa dikatakan kode untuk memanggil pejantan.

Suara kucing yang terlihat aneh tersebut akan mengundang pejantan menjadi datang. JIka kucing jatan tidak kunjung datang maka kalian sebagai pemilik harus berinisiatif mencarikan pejantan untuknya. Sebab jika dibiarkan berlarut-larut, maka kicing betina kita akan berteriak seperti itu sepanjang hari.

Posting Komentar untuk "Selain Faktor Usia, Ciri Kucing Betina Mulai Birahi Yang Perlu Dipahami"