Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Syarat Membuat Kandang Ayam Sehat Yang Di Rekomendasikan

syarat membuat kandang ayam yang sehat

Halo teman-teman, kali ini kita akan membahas mengenai syarat dalam membuat kandang ayam yang direkomendasikan dan tentunya sehat serta aman. Bukan sekedar sehat bagi ayam-ayam kita, namun juga sehat secara norma dan moralitas kita sebagai peternak ayam yang beretika.

Meskipun terlihat sepele, namun jangan di abaikan ketika kita pertama kali ingin membuat kandang ayam. Terlepas ayam-ayam yang kita pelihara tersebut dalam jumlah yang besar maupun hanya skala rumahan saja, situasi dan kondisi kandang haruslah mendukung kesehatan ayam.

Syarat Membuat Kandang Sehat Bagi Peternak Pemula

Disini saya tuliskan syarat khusus bagi pemula, tentunya karena mungkin saja teknik membuat kandang bukanlah hal yang sulit bagi teman-teman yang sudah pro maupun sudah senior di bidang pternakan ayam ini.

Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan saat pertama kali akan membuat kandang ayam:

1. Perhatikan Situasi Dan Kondisi Masyarakat di Lingkungan Sekitar

Dengan memperhatikan situasi dan kondisi di lingkungan sekitar tempat yang akan kita dirikan kandang, maka secara langsung kita akan mengerti akan tanggapan warga masyarakat sekitar tentang keberadaan kandang ayam yang akan kita dirikan.

Hal tersebut berguna dalam memastikan rencana pembangunan kandang nantinya tidak mengganggu masyarakat sekitar. Masyarakat di sekitar kandang adalah nantinya yang akan mengalami dampak secara langsung keberadaan kandang ayam kita tersebut.

Meskipun kita sudah menjamin akan kebersihan kandang, teknik pembuatan kandang yang bebas bau kotoran, bahkan sudah memastikan tidak akan mengganggu kebisingan sekitar, namun perlu untuk kita harus membicarakan rencana pembangunan kandang dengan warga masyarakat sekitar.

Seperti pepatah mengatakan bahwa kita harus pamit atau permisi dahulu sebelum bertindak. Dengan permisi atau pamit pada warga sekitar itu artinya kita sudah menunjukan etika santun, dan tentunya ini sebagai salah satu upaya agar kandang kita sehat secara moral.

Disamping itu, tanggapan positif dari warga masyarakat disekitar kandang ayam nantinya juga akan menjadi berkah dan kelancaran dalam usaha peternakan ayam yang kita rintis ini.

2. Ukuran Kandang Disesuaikan Dengan Kapasitas Ayam Yang Dipelihara

Mengenai hal ini, kita tentunya dapat memperkirakan berapa ukuran kandang yang ideal untuk dapat di huni oleh sejumlah ayam yang akan kita pelihara.

Usahakan dalam menentukan ukuran kandang ini, wajib memikirkan kost dan nilai pengeluaran yang akan kita tanggung. Jangan sampai dana kita habis banyak hanya untuk keperluan membuat kandang.

Perhitungan yang matang seperti ini sangat direkomendasikan khususnya bagi kita yang memiliki anggaran minim. Karena nanti setelah membuat kandang ayam, kita masih banyak biaya pengeluaran yang akan kita gunakan.

Ukuran kandang yang terlalu kecil juga tidak disarankan, selain karena membuat ayam menjadi kurang sehat juga nantinya kita akan direpotkan dengan masalah baru. Dimana masalah tersebut muncul ketika ayam-ayam yang kita pelihara semakin berkembang, dan bertambah banyak.

Namun disisi lain, ukuran kandang yang terlalu luas juga kurang disarankan, sebab selain seperti yang sudah dikatakan diawal bahwa itu hanya akan menyebabkan pemborosan dan pembengkakan anggaran, juga menyebabkan pemborosan lahan. 

Kandang yang terlalu luas tentunya hanya akan mubazir, terlebih nantinya kita akan mengembangkan usaha peternakan, maka bisa kita bangun lagi kandang yang lain. Biarkan dana yang sudah ada sekarang digunakan untuk kebutuhan lainnya yang lebih mendesak terlebih dahulu.

3. Membuat Model Kandang Yang Sehat

Model atau struktur kandang sangat berpengaruh terhadap kesehatan ayam, peran kandang bukan sekedar sebagai tempat menampung ayam semata, lebih kepada sebagai tempat yang nyaman untuk tinggal ayam-ayam kita. 

Namun sebelum menentukan model kandang yang akan kita bangun, perlu untuk diketahui bahwa jenis ayam dan teknik pemeliharaan akan mempengaruhi model kandang yang akan kita bangun.

Model kandang untuk memelihara ayam potong tentunya akan berbeda dengan model kandang untuk memelihara ayam bangkok, begitupun struktur atau model kandang untuk jenis ayam hias akan berbeda pula.

Sebagai contoh ketika kita ingin memelihara atau budidaya ayam petelur, maka kita akan memikirkan model atau struktur kandang yang tepat agar selain ayam sehat dan nyaman juga nantinya akan praktis saat kita mengambil telur-telur ayam tersebut. 

Yang perlu di perhatikan bahwa pembuatan model kandang ayam harus lebih mengutamakan manfaat jika dibandingkan dengan kemewahan yang disuguhkan, namun diusahakan tidak lepas juga dari nilai seni yang tergandung didalamnya.

Sehingga meskipun kandang terlihat simpel, namun tetap berfungsi dengan sempurna dan tentunya semua tergantung dari dana yang anda miliki serta kemampuan arsitektur anda dalam mendesain kandang ayam yang indah dan nyaman.

4. Bahan Baku Untuk Membuat Kandang Ayam

Selanjutnya adalah mengenai bahan baku dalam pembuatan kandang ayam. Perlu untuk diketahui, bahan-bahan yang akan kita gunakan dalam membuat kandang ini, akan mempengaruhi beberapa aspek sekaligus. 

Pemilihan bahan baku kandang ayam yang tepat berkaitan dengan hasil akhirnya termasuk biaya pengeluaran, manfaat, dan tujuannya. Yaitu antara lain sebagai berikut:

Aspek ekonomis dalam pemilihan bahan baku pembuatan kandang ayam

Kalau sudah menyangkut kata ekonomi maka kita akan bicara mengenai keuangan. Dimana bahan baku utama dalam pembuatan kandang juga harus memperhitungkan jumlah biaya yang akan digunakan.

Semakin besar dan kokoh kandang ayam yang akan kita bangn tentu biaya yang dikeluarkan juga semakin banyak pula. 

Begitupun ketika kalian memilih menggunakan bata ringan, strimin, atau bambu sebagai dinding kandang atau jenis bahan yang lainnya, semua itu akan memiliki keunggulan serta biaya pengeluaran yang berbeda.

Sebagai perbandingan saja antara bahan baku kayu dan baja ringan tentunya memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing, serta dalam hal harga tentunya juga memiliki nilai harga yang berbeda.

Namun apapun pilihan teman-teman dalam penggunakan bahan baku, semua harus diperhitungkan dengan matang agar tidak terjadi penyesalan dikemudian hari.

Kaitan bahan baku terhadap Manfaat dan tujuan dalam pembuatan kandang ayam

Seperti yang sudah disinggung diatas, ketika akan membuat kandang ayam yang perlu diperhatikan adalah manfaat dan tujuannya. 

Karena pada hakikatnya kandang tersebut nantinya digunakan untuk menampung ayam-ayam kita agar tetap nyaman, sehat, dan aman bagi ayam serta tentunya aman bagi kita sebagai peternaknya.

Maka dari itu perlu pertimbangan khusus sebelum teman-teman memutuskan jenis bahan baku yang akan digunakan sebagai bahan utama dalam pembuatan kandang ayam.

Apabila lokasi atau area kandang ayam teman-teman ini termasuk dilingkungan dekat pemukiman warga, maka diusahakan kandang ayam di buat desain yang tertutup dan rapi agar menghindari bau tak sedap dari kotoran ayam, serta tidak terlihat berantakan dan mengganggu pemandangan.

Selanjutnya jika tempat lokasi pembuatan kandang ayam terletak di daerah yang rawan bencana alam, seperti gempa, banjir ataupun tanah longsor. Maka usahakan dalam pemilihan bahan baku menggunakan bahan yang kuat dan anti gempa, atau sejenisnya.

Posting Komentar untuk "Syarat Membuat Kandang Ayam Sehat Yang Di Rekomendasikan"