Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Dan Cara Mengatasi Ayam Tidak Nafsu Makan

Penyebab Dan Cara Mengatasi Ayam Tidak Nafsu Makan

Halo teman-teman sobat ternak sukses, kali ini kita akan membahas mengenai penyebab dan cara mengatasi ayam yang tidak nafsu makan.

Sebagai peternak kalian pasti pernah mengalami problem semacam ini, dimana ayam-ayam dikandang mengalami penurunan nafsu makan.

Sebenarnya ketika ayam terlihat menurun nafsu makan nya merupakan hal yang wajar dan normal-normal saja sih, tapi jika tidak nafsu makannya ini berlanjut hingga berhari-hari bahkan hingga menjadikan ayam kita tersebut bobotnya menurun maka wajib kita waspadai ya bos!.

Penyebab ayam tidak nafsu makan

Jadi, pada dasarnya ayam itu sama halnya dengan makluk hidup pada umumnya. Ayam juga dapat mengalami tidak nafsu makan. 

Nah, disini kita akan kupas apa sih sebenarnya penyebab dari ayam mengalami tidak nafsu makan atau menurun nafsu makannya.

Berikut ini beberapa penyebab ayam kehilangan nafsu makannya:

1. Ayam mengalami cacingan

Ayam yang sedang menderita cacingan umumnya akan mengalami penurunan berat badannya, selain karena faktor nutrisi yang tidak terserap sempurna karena adanya parasit cacing di dalam tubuh ayam tersebut juga karena nafsu makannya yang menurun.

Mengapa ayam yang cacingan menjadi tidak nafsu makan? jadi begini, ketika ayam tersebut makan, maka sari-sari makanan akan olah menjadi sumber energi. 

Namun hal ini tidak akan terjadi pada ayam yang menderita cacingan, sebab nutrisi yang dihasilkan dari makanan tadi belum sempat terdistribusikan menjadi energi keburu di serap oleh parasit cacing.

Alhasil, yang gemuk adalah cacing di dalam tubuh ayam tersebut sedangkan ayamnya sendiri menjadi lesu, lemah dan tidak bergairah. Ayampun menjadi kurang nafsu makan dan terakhir menjadikan bobotnya semakin menurun.

Alasan yang pertama ini sering kali tidak kita sadari, oleh karena itu sebagai peternak kita wajib tanggap terhadap perkembangan ayam-ayam peliharaan kita.

Jika terdapat tanda-tanda ayam kalian mengalami cacingan segera lakukan pengobatan secepatnya, sudah banyak beredar di pasaran obat cacing khusus untuk ayam berdasarkan dosis, usia, dan teknik pemberiannya.

Selain itu sebagai pencegahan alangkah baiknya jika ayam rutin di berikan jamu khusus agar terhindar dari cacingan, berikan pula obat cacing setiap 3 bulan sekali sebagai langkah antisipasi.

Juga perlu diperhatika kebersihan kandangnya karena faktor utama ayam cacingan berasal dari lingkungan kandang yang kotor.

2. Pencernaan ayam sedang tidak baik

Faktor penyebab ayam menurun nafsu makannya dalah karena sistem pencernaannya yang terganggu. hal tersebut umumnya disebabkan oleh adanya bakteri yang bersarang di dalam saluran pencernaan ayam, ataupun juga karena adanya luka di dalam sistem pencernaan ayam itu sendiri.

Sama halnya dengan manusia yang mengalami masalah pencernaannya, ayam pun juga memiliki problem tersebut hanya saja kita kadang sebagai peternak kurang peka dalam menanggapi hal tersebut.

Langkah terbaik yang harus kita lakukan jika ayam kita mengalami kurang nafsu makan yang disebabkan oleh pencernaan terganggu adalah dengan segera memberikan obat khusus yang berfungsi untuk menyembuhkan problem pencernaannya.

selama proses penyembuhan, alangkah baiknya jika ayam di berikan asupan vitamin dan nutrisi yang cukup.

Jangan biarkan ayam kita sampai kelaparan dan dehidrasi, oleh karena itu penting selalu sediakan air minum bersih dan bernutrisi.

Sebagai ganti pakannya, agar tidak menghambat fase penyembuhannya sebaiknya ganti pakan kering dengan pakan yang lembek atau basah.

Penggunaan pakan lembek dan basah akan mempermudah ayam mencerna makanan tersebut tanpa mencederai saluran pencernaannya.

Sejatinya ayam tidak nafsu makan bukan sekedar karena gangguan pencernaan saja, namun lebih dari itu. Pada umumnya ayam yang sedang sakit apapun jenis sakitnya mayoritas akan mengalami penurunan nafsu makan loh!.

Oleh karenanya selalu pantau atau cek kesehatan ayam secara rutin, jangan sampai terdapat ayam sakit di kandang. Meskipun hanya seekor yang sakit, segera tangani dan berikan pengobatan secepatnya.

Jika perlu segera lakukan karantina pada ayam yang sakit tersebut, pisahkan dari ayam yang lain agar tidak menular. Sebab akan repot dan sulit ditangani jika ayam satu kandang mengalami kondisi kurang nafsu makan secara bersamaan akibat penularan penyakit.

3. Pola makan yang tidak teratur

Pemberian pakan yang tidak terjadwal atau tidak teratur juga sangat mempengruhi ayam menjadi tidak nafsu makan.

Bahkan yang lebih berbahaya lagi, pola makan tidak teratur tersebut akan mengganggu kesehatan ayam itu sendiri, khususnya gangguan sistem pecernaan pada ayam.

Oleh karena itu, wajib untuk kita selalu membuat jadwal pemberian pakan harian ayam secara teratur, agar ayam selalu memiliki nafsu makan yang tinggi.

Sebenarnya, khususnya untuk ayam yang telah dewasa kita tidak harus memberi pakan setiap saat saat, cukup sekali hingga dua kali sehari secara teratur saja itu sudah cukup kok.

Misalkan saja dengan menjadwal dua kali sehari yaitu setiap pagi dan sore hari dalam memberi pakan ayam secara rutin, itu lebih baik daripada sehari lima kali namun tidak rutin.

Jika saat ini kalian masih menerapkan sistem pemberian pakan yang tidak teratur maka mulai sekarang segeralah buat jadwal rutin ya!. Ingat, sekali dua kali itu sudah lebih dari cukup, yang penting pakan tersebut sehat dan bernutrisi.

4. Jenis pakan yang kurang bagus

Penyebab ayam kehilangan nafsu makannya juga karena pengaruh jenis pakan yang diberikan. Bisa jadi pakan tersebut kurang disukai oleh ayam-ayam kita, atau bahkan karena jenis pakan tersebut tidak memenuhi standar gizi.

Jadi apabila kalian mengalami ayam-ayam yang dipelihara kurang nafsu makan, coba cek kembali jenis pakan yang selama ini sudah kalian berikan pada ayam. Mungkin saja berkurangnya nafsu makan ayam tersebut akibat kita salah memberikannya jenis pakan.

Jenis pakan yang bagus adalah jenis pakan yang menggandung nutrisi dan protein seimbang serta memang merupakan pakan khusus ayam.

Artinya ketika kita memberikan pakan kepada ayam hanya sekedar berpatokan bahwa nutrisi dan proteinnya sudah tepat, namun tanpa memikirkan apakah jenis pakan tersebut memang dikhususkan untuk ayam maka tentunya ayam juga tidak akan mau makan pakan yang sudah kita sediakan tersebut.

Misalnya saja demi mencari praktis dan murah, kalian berikan ayam-ayam peliharaan dengan dedak atau bekatul saja, atau sengaja kalian beri nasi, tentunya itu kurang bagus untuk kesehatan ayam. Disamping nutrisinya yang tidak terpenuhi, ayam juga akan cepat jenuh dan bosan.

Jika memang ingin hemat, kalian tidak perlu membeli pakan pabrikan untuk ayam-ayam kesayangan. Kalian bisa berikan pakan alternatif yang mudah kalian dapatkan di sekitar lingkungan tempat tinggal.

Kalaupun memang ingin memberikan pakan bekatul, maka usahakan berikan sekitar 10% hingga 15% saja sebgai pelengkap, dan 80% selebihnya bisa kalian berikan jagung, padi, daun-daunan hijau, serta pakan lainnya yang aman untuk ayam.

5. Ayam mengalami stres

Jika kalian sudah merasa bahwa kondisi ayam sehat, bebas dari cacingan, pemberian pakan juga sudah teratur dan bernutrisi tinggi namun ayam ternyata masih saja kurang nafsu makan, bisa jadi ayam kalian tersebut mengalami stres.

Ayam yang sedang stres secara otomatis akan berpengaruh terhadap nafsu makannya. Jadi jangan biarkan ayam kalian mengalami stres berkepanjangan, karena akibatnya bisa fatal.

Salah satu penyebab yang sering terjadi ayam mengalami stres yaitu karena perlakuan kita sendiri sebagai peternak yang ceroboh dalam memelihara ayam.

Perhatikan berbagai alasan dan penyebab ayam menjadi stres berikut ini, mungkin salah satunya kalian masih lakukan saat ini. 

Penyebab ayam stres antara lain:

  • Jumlah populasi ayam tidak sebanding dengan ukuran kandang

Hal tersebut memicu ayam menjadi stres karena kurangnya ruang gerak serta seringnya terjadi perebutan makanan.

  • Sistem koloni yang salah, 

Yaitu mencampurkan ayam dengan ukuran dan umur ayam yang berbeda-beda.

  • Kanibalisme

Kondisi tersebut merupakan naluri hewan termasuk juga ayam, dimana ayam akan lebih suka bertarung, kejar-kejaran, mendominasi wilayah daripada untuk diam dan tenang makan.

Sehingga ketika hal tersebut terjadi maka ayam yang lebih kecil, dan kalahan akan semakin down mentalnya serta tentunya menjadi stres dan nafsu makannya otomatis menurun. 

Posting Komentar untuk "Penyebab Dan Cara Mengatasi Ayam Tidak Nafsu Makan"