Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gunakan Ini Untuk Memisahkan Magot Dari Kasgotnya

ayakan khusus untuk membersihkan magot

Halo teman-teman peternak, kali ini kita akan sharing pengalaman cara membersihkan magot, kalian pasti tahu bahwa antara magot dengan kasgotnya masih bercampur menjadi satu di dalam tempat pembesaran

Sangat merepotkan jika tidak tahu cara praktis untuk memisahkan keduanya, apalagi jika kalian memiliki jumlah magot yang lumayan banyak.

Cara praktis membersihkan magot

Untuk itu, kalian perlu tahu cara praktis dalam membersihkan magot dari kasgot atau sisa pakannya agar tidak terlalu memakan waktu.

teknik ini terbilang simpel, sederhana namun sangat efektif untuk memisahkan ataupun membersihkan magot sebelum di proses ke tahap selanjutnya

Membersihkan magot menggunakan ayakan pasir

Ketika magot sudah siap panen, maka kita perlu mengambil serta memisahkan magot dari kasgotnya, jika kalian belum tahu kasgot silahkan cek istilah dalam budidaya magot  

Dalam memisahkannya, yang dibutuhkan hanyalah ayakan pasir. Untuk ukuran ram yang dipakai, sebisa mungkin memiliki lubang ram lebih kecil dari ukuran magot.

Tujuan dari ukuran ram yang kecil tersebut, yaitu agar magot tidak ikut masuk bersama kasgot saat di ayak. Sehingga dengan ukuran ram kecil tersebut, pemisahannya benar-benar sempurna.

Seperti halnya ketika kita mengayak pasir, nantinya magot dan kasgot akan terpisah dengan sendirinya. Jika dirasa masih kurang bersih, ulangi proses ayakan tersebut hingga beberapa kali.

Setelah magot dirasa sudah bersih, kalian bisa lakukan proses selanjutnya misalnya untuk dikemas jika ingin di jual kembali, kalian juga bisa langsung memberikan magot bersih ini ke ikan di kolam ataupun unggas peliharaan.

Jika ingin melakukan proses penjemuran, magot bersih ini juga bisa langsung kalian jemur atau oven hingga kering. Magot hasil ayakan tersebut tak perlu dibersihkan lagi ketika sudah kering, karena sudah dibersihkan di awal.

Apakah magot akan rusak saat di ayak?

Sebenarnya kalian tidak usah hkawatir akan ini, magot memiliki tekstur yang lumayan kenyal dan keras yang masih aman jika harus di ayak.

Agar lebih yakin terhadap keamanan dari magot, saat proses ayak harap lakukan dengan hari-hati, tidak usah terburu-buru dan segera pindahkan magot yang sudah bersih ke tempat lain.

Magot tidak akan pecah ataupun mati jika selama proses pengayakan dilakukan dengan hati-hati. yang perlu di perhatikan sebelum melakukan pengayakan adalah kasgot dalam kondisi gembur mengering.

Artinya jika media dan kasgot masih basah, lebih baik tambahkan pakan kering untuk mempercepat proses penggemburan kasgot, selanjutnya proses pengayakan dapat dilakukan sehari setelahnya.

Hal yang tidak pelu dilakukan dalam membersihkan magot

Bagi peternak magot pemula, mungkin kalian pernah melakukan hal-hal berikut ketika memisahkan magot dari kasgotnya, sebenarmya hal tersebut tidak usah dilakukan, karena cukup dengan ayakan pasir.

1. Jangan mengambil magot dengan tangan ketika membersihkan magot

Saat membersihkan magot, mungkin kalian masih repot-repot menggunakan tangan dan memisahkannya secara manual dengan memilah-milahnya. Hal tersebut sangat kurang praktis, selain itu hanya akan mengotori tangan kalian saja.

2. Jangan Menggunakan kipas angin untuk membersihkan magot

Mungkin kalian juga pernah mencoba memisahkan magot dari kasgotnya menggunakan bantuan kipas angin, hal ini juga tidak perlu kalian lakukan. Kipas angin hanya akan membuat debu beterbangan dan mengotori saja.

Bahkan kasgot tidak akan terpisah sempurna dengan kipas angin, meskipun itu blower yang kalian gunakan.

Kalian juga tidak perlu repot-repot napeni magot agar terpisah dari kasgotnya seperti saat napeni beras. Hal tersebut karena kurang efektif dan tentunya juga melelahkan.

3. Jangan gunakan air untuk membersihkan magot

Jika kalian berfikir untuk mencuci magot dengan air saat melakukan pemisahannya dari kasgot, maka hal ini merupakan langkah yang keliru.

Air hanya akan membuat becek media, selain itu kasgot yang terkena air akan menimbulkan bau yang tidak sedap.

Kasgot sengaja di buat gembur ketika akan memanen magot, lalu ketika kalian siram air maka ini hanya akan memperburuk suasana saja.

Kasgot juga akhirnya masih harus di keringkan kembali agar bisa di manfaatkan sebagai pupuk, seperti yang sudah di jelaskan di awal bahwa kasgot basah akan bau berbeda dengan kasgot yang sudah kering.

Kesimpulan

1. Setelah mengetahui trik praktis membersihkan magot mengunakan ayakan pasir, semoga tidak ada lagi keluhan para peternak magot yang merasa repot ketika memisahkan magot dari kasgotnya.

2. Ayakan pasir di bentuk sedemikian rupa agar mudah dalam proses penggunaanya, misalnya dengan di pasang pelipit kayu di sekeliling ram agar mudah untuk mengayak sekaligus awet.

3. Untuk ukuran ayakan yang akan digunakan, disesuaikan dengan tingkat kemudahan dan kapasitas magot yang akan dibersihkan, umumnya ayakan dengan ukuran 1x1 meter persegi sudah lebih dari cukup.

4. Jika tidak ingin repot membuat ayakan magot sendiri, saat ini sudah banyak yang menjual ayakan khusus untuk membersihkan magot.

Posting Komentar untuk "Gunakan Ini Untuk Memisahkan Magot Dari Kasgotnya"