Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lakukan Ini Ketika Bulu Kucing Persia Menjadi Gimbal!

Lakukan Ini Ketika Bulu Kucing Persia Menjadi Gimbal!

Halo cat lover dimanapun berada, semoga kalian sehat selalu, dipembahasan kali ini kita akan mengulik berbagai macam penyebab bulu kucing persia menjadi gimbal sekaligus bagaimana cara untuk mengatasinya.

Jenis Kucing Persia bulu kapas yang sering mengalami bulu gimbal

Memiliki kucing dengan bulu lebat halus dan tidak mudah rontok merupakan impian bagi para cat lover, namun perlu diketahui bahwa ada salah satu jenis kucing yang memang identik dengan permasahan bulu gimbal.

Jenis kucing yang sering mengalami kondisi bulu gimbal yaitu jenis atau ras persia bulu kapas. Nah, bulu kapas ini dikatakan mudah megalami bulu gimbal memang bukan sebuah dongeng hoaks aja ya! 

Pengertian dari bulu kapas kucing persia

Jika kalian belum paham apa yang dimaksud bulu kapas, alangkah baiknya baca ini hingga akhir agar dapat menambah wawasan tentang jenis bulu-bulu kucing.

jadi, bulu kapas itu merupakan salah satu jenis bulu kucing yang lebat, halus dan bentuknya lebih mirip dengan kapas, makanya sering disebut bulu kapas.

Bulu kapas memang tidak selalu dimiliki kucing persia, namun sebagian besar hanya ras kucing persia yang identik memiliki bulu jenis kapas ini.

Penyebab Kucing persia bulu kapas menjadi gimbal

Ukuran dari bulu kapas tersebut yang sangat lembut, akibatnya menjadi mudah kusut, mudah rontok, dan tentunya menjadi mudah gimbal atau saling menempel satu sama lain.

Namun selain karena memang faktor dari jenis bulu tersebut, terdapat faktor lain yang menyebabkan kucing persia bulu kapas mengalami gimbal. Antara lain sebagai berikut:

1. Faktor kebersihan kandang

Bulu kapas akan lebih mudah ditempeli debu kotoran jika dibandingkan dengan jenis bulu lainnya. Kotoran dan debu yang menempel dan tidak segera dibersihkan akan menjadi penyebab menggumpalnya bulu.

Saat awal-awal terkena debu kotoran, bulu kucing hanya terlihat kusam dan mudah rontok. Namun semakin lama terkena debu, akhirnya bulu menjadi menggumpal (gimbal) dan itu sangat menyakitkan bagi kucing.

Sangat penting menjaga kebersihan kandang agar kucing persia dengan bulu kapas tidak mudah mengalami gimbal. 

Khususnya jika kucing kalian termasuk kategori kucing yang selalu di dalam kandang, Maka sebaiknya sering-seringlah mengecek kondisi bulunya.

2. Faktor lingkungan sekitar

Selain dari kandangnya yang kotor, penyebab bulu kucing persia menjadi gimbal karena efek dari lingkungan tempat mereka bermain.

Misalnya saja jika kucing kalian suka bermain di pasir, ataupun juga sering tiduran di tanah, kedua hal tersebut menjadi penyumbang terbesar kucing dengan bulu kapas menjadi gimbal.

3. Akibat bulu yang basah

Penyebab lain dari bulu gimbal adalah karena bulu kucing tersebut mengalami basah, namun tidak segera dikeringkan.

Ada kalanya kucing menjilati bulunya sendiri, sebagai salah satu cara alami bagi kucing untuk menjaga kebersihan dan kelembaban bulunya. Namun kondisi ini juga dapat berakibat fatal bagi kucing yang memiliki jenis bulu kapas.

Ketika kucing bulu kapas basah ataupun lembab, akan menjadi mudah gimbal, oleh karenanya kalian wajib teratur mengecek bulunya jangan sampai terlihat basah atau lembab agar terhindar dari gimbal.

Tips dan cara mengatasi bulu kucing persia yang gimbal

Bulu kucing yang gimbal sebenarnya bisa dicegah, dan kalaupun sudah terlanjur terjadi maka juga sangat mudah untuk di atasi, tentunya bagi kalian yang sudah memahaminya

Untuk itu berikut ini tips singkat cara mencegah sekaligus mengatasi bulu kapas yang gimbal bagi kalian yang masih pemula memelihara kucing persia bulu kapas.

1. Bersihkan kandang secara rutin

Di awal pembahasan sudah dikatakan bahwa salah satu penyebab bulu gimbal karena faktor kandang yang kotor, oleh karena itu kalian wajib secara rutin menjaga kebersihannya.

Jika perlu apabila kandang sudah terlalu kotor, silahkan dicuci, dan pastikan keringkan terlebih dahulu sebelum digunakan untuk memasukan kucing kembali.

Ganti secara berkala pasir tempat buang kotoran kucing, karena ini juga menjadi salah satu penyebab kandang mudah kotor.

Ketika akan buang kotoran ataupun setelahnya, kucing umumnya akan menggaruk-garuk pasir dan kondisi tersebut menyebabkan debu beterbangan mengotori kandang.

Bahkan buka hanya kandang yang kotor, namun bulu kucing juga terkena imbas dari debu pasir yang digaruknya, perhatikan hal sepele tersebut agar kucing persia kamu tetap memiliki bulu halus, lembut dan anti gimbal.

2. Jaga kucing agar tidak bermain disembarang tempat

Ini salah satu hal yang membutuhkan kedisplinan dan kesiapan waktu. Tentunya kita tidak sepenuhnya memiliki waktu luang untuk memperhatikan keseharian kucing peliharaan kita. Namun harus kalian lakukan itu jika sudah berniat ingin memelihara kucing bulu kapas.

Jangan biarkan kucing kalian bermain di lingkungan yang berdebu, becek, dan kotor agar bulunya tetap halus terjaga.

Memantau setiap pergerakan kucing adalah hal yang berat, namun apa daya karena ternyata inilah salah satu faktor penyebab bulu kucing menjadi gimbal.

Kucing sering kali bermain ditanah, mandi pasir, ataupun hal-hal yang kita anggap sebagai kegiatan kotor. Sebenarnya kegiatan tersebut merupakan hal yang umum dilakukan oleh kucing, yaitu untuk menjaga kesehatan bulu dan kulitnya.

Saat kalian melihat kucing mandi pasir, sebenarnya mereka sedang menjaga kelembaban kulit dan bulunya, sekaligus teknik alami kucing dalam mengusir kutu yang menempel ditubuhnya.

Namun, sayangnya kondisi itu akan menjadi hal yang fatal bagi kucing yang memiliki jenis bulu kapas, bagaimana tidak? karena aksinya tersebut bulu kapas akan mudah gimbal.

Oleh karenanya mau tidak mau khusus bagi teman-teman yang memiliki kucing dengan bulu kapas agar bisa memastikan kucingnya jangan bermain sembarangan deh.

3. Rutin menyisir bulu kucing

Agar bulu kucing kalian tidak mudah gimbal, sering-seringlah menyisir bulunya. gunakan sisir khusus untuk kucing yang biasa di jual ditoko pet shop.

Menyisisr bulu juga dapat menghilangkan gimbal yang sudah terlanjur terjadi, ketika disisir bulu yang gimbal tersebut akan ikut terangkat dan hilang deh gimbalnya, Mudah bukan?

Selain itu, menyisir kucing secara rutin minimal sehari sekali dapat membantu mengurangi kerontokan bulu kucing, serta mempercepat proses regenerasi pertumbuhan bulu baru.

4. Memandikan kucing secara rutin

Langkah lain agar terhindar dari bulu gimbal, adalah dengan rutin memandikan kucig kesayangan kalian.

Kucing memang jenis hewan peliharaan yang tidak menyukai air, namun jika dilakukan seraca rutin dan teratur, maka nantinya kucing akan menjadi terbiasa dan menikmati dengan ritual mandinya.

Khususnya bagi kucing persia yang memiliki bulu gimbal, alangkah baiknya jika kalian rutin memandikanya seminggu sekali. Gunakan air hangat setiap kali memandikannya agar kucing lebih nyaman dan tentunya mandi air hangat tidak akan menggangu kesehatannya.

Berbeda jika kalian memandikan dengan air dingin, Kucing benci dengan air dingin, umumnya jika terkena air dingin, kucing menjadi rentan sakit-sakitan, dan akan menjadi stres.

Selain menggunakan air hangat, gunakan pula sampo khusus bulu kucing, jagan gunakan sampo yang biasa kalian digunakan, ataupun dengan sabun cuci piring. Hal tersebut akan membuat bulunya menjadi rusak, karena kandungan PH yang berbeda. 

Yang paling penting ketika memandikan kucing, adalah proses pengeringannya. Bulu yang kurang kering dapat menyebabkan gimbal, maka usahakan ketika selesai memandikannya, bulu kucing harus kering seluruhnya. 

Jemur dibawah terik matahari sesaat setelah dimandikan, lalu gunakan hair dryer untuk proses pengeringan selanjutnya.

Jangan memandikan kucing di malam hari, ataupun di siang hari sekalipun jika cuaca mendung atau tidak mendukung.

5. Pastikan kucing terbebas dari masalah kutu dan penyakit kulit

Kutu merupakan salah satu masalah bagi kucing, hewan kecil itu menempel di tubuh kucing dan menghisap darahnya. Bahkan tak cukup seperti itu, kutu juga menyebabkan kulit kucing terluka dan akhirnya menjadi penyakit kucing.

Sering kali kucing menggaruk bulu ataupun menggigit-gigit bulunya untuk menghilangkan kutu-kutu yang bersarang di sekujur tubuhnya, tentu kalian sebagai pet lover akan kalian melihat aksinya tersebut.

Oleh karena itu, usahakan kucingmu terbebas dari masalah kutu ini ya!, karena berawal dari kutu tersebut menyebabkan bulu kucing menjadi rusak, kulit pun menjadi tidak sehat.

Kalian bisa gunakan obat pembasmi kutu yang di khususkan untuk kucing, ingat gunakan sesuai dosis dan aturan pemakaiannya ya, karena umumnya obat kutu itu termasuk obat keras.

Posting Komentar untuk "Lakukan Ini Ketika Bulu Kucing Persia Menjadi Gimbal!"